Selasa, 31 Januari 2012

Perkenalan dan Rencana

Aku akan jadikan judul ini sebagai seri, yang menceritakan perjalanan Stand Up Comedy - ku...
Kalau ada yang bilang, ini meniru tulisannya http://www.pandji.com dalam serinya "Susah Tapi Pasti Bisa", oke aku bilang dengan keras... "YA".
Tapi jika beliau menulis tentang Stand Up Comedy Indonesia yang menjawab semua kritik atau saran yang ditujukan kepadanya, tapi disini, aku akan bercerita untuk lingkup yang lebih kecil perjalanan Stand Up Comedy - ku...


Sekarang aku mulai dengan beberapa Istilah dulu...
Stand Up Comedy : Bentuk monolog dari comedy yang berisi kritik sosial, bisa didapat dari pengalaman pribadi, maupun hal hal yang terjadi dilingkungan sosial comic.
Comic : adalah orang yang melakukan Stand Up Comedy
Set : Satu kesatuan comedy.
Bit : Bagian dari set, yang berisi SETUP dan PUNCHLINE
Set up : adalah premis awal yang berisi kejadian-kejadian normal. Tidak lucu. Juga termasuk memberian asumsi awal kepada penonton.
Punchline : adalah bagian terakhir dari bit (masih berkaitan dengan Set Up) yang lucu, bisa plesetan, atau hal lain yang "melucukan" setup. Pematahan asumsi yang sudah diberikan di Set up.

Sedangkan Open Mic, adalah sarana bagi comic untuk berlatih, belajar atau bereksperimen menyampaikan bit-bit, sebelum comic akan menyampaikan bit nya itu dalam Stand Up Comedy. Karena ini masih Open Mic, jadi tidak semua bit yang disampaikan mengena, atau dengan kata lain "garing".

Ada banyak teknik dalam bit, mungkin berikutnya akan aku tuliskan di seri ini.

Nah, segitu dulu untuk yang pertama, Dalam waktu dekat aku akan mencoba untuk Open Mic, bersama teman-teman ku. Mungkin untuk pertama kali ini, aku sulit mencari comic lain, tapi berikutnya, saat sudah ada yang mengawali, aku yakin akan ada banyak comic di dekat ku yang berani untuk tampil. Jangan lupa terus suport dengan menonton, atau mendownload video yang nantinya aku upload.

0 komentar:

Posting Komentar