Sabtu, 31 Desember 2011

Jogja Istimewa (bag.1)

Aku awali dengan kebingungan tentang Jogjakarta atau Yogyakarta. G tahu mana yang bener untuk disebut sekarang. Kalau ada yang bilang huruf "Y" itu huruf lama dari "J", seperti orang tua yang menulis "JAYA" dengan "DJAJA", berarti tulisan yang bener untuk sekarang adalah "Jogjakarta" tapi, kadang di jalan-jalan ada yang masih nulis Yogya, ada juga yang nulis Jogja. Tapi ya sudah lah. Dalam tulisan ini, aku nulisnya "Jogja".

Lambang keraton

Pertama kali menginjakkan kaki di Jogja, yang bakalan kalian rasain pasti aura Jogja yang syarat budaya. Kebudayaan jawa amat kental terasa disini. Berkunjunglah ke kraton dan museum kereta untuk merasakan feel yang lebih dalam tentang budaya Jogja.



Tempat yang paling berkesan waktu berkunjung ke Jogja salah satunya Malioboro. Siapa yang g kenal malioboro, saat ada temen kalian yang bilang dari Jogja, pasti pertanyaan pertama yang kalian ajuin "Udah ke malioboro?"
Malioboro adalah nama jalan, jalan yang full pertokoan, lengkap dari pertokoan yang gedhe kayak KFC, McDonald, Ramayana hingga pedagang emperan di pinggir jalan. Malioboro seperti jalan utama di jogja, selalu rame, apalagi pas sabtu malem (aku g nyebut malem minggu, buat menghormati yang jomblo, hehehe). Tapi jangan sampai salah belok ke Pasar Kembang ya... (Yang ketawa, pasti tahu...hehe)

Belok kiri ya, jangan ke kanan... hehe...

Pengalaman pas malem di Malioboro adalah dilukis siluet oleh bapak R. Ripman. Jadi ceritanya, pas aku lagi makan sama temen-temen, ada bapak yang nawarin buat siluet, aku sih emang pingin, tapi awalnya tawar-menawar harga dulu, akhirnya sepakat 30ribu rupiah (aku g tahu berapa normalnya, tapi kata temen aku sih kemalahan). Gila, g usah pakai digambar dulu atau seenggaknya sketsa dulu, bapak itu langsung nggunting kertasnya. Setelah jadi bentuk dasar muka dan kepalaku, dia ngasih variasi buat nunjukin gimana keritingnya rambutku.
Dan keren, pas udah jadi, mirip banget. Cuma butuh waktu 5 menit untuk buat seperti ini. Aku puas.
Malahan aku ngerasa terlalu murah ngasih harga, menurutku, karya - karya seperti ini patut untuk dijual lebih mahal, malahan lagi sayang kalo cuma dijual di pinggir-pinggir jalan.

Tempat berkesan yang kedua, candi Borobudur, candi yang masuk 7 keajaiban dunia. Dilihat dari sebutannya aja udah keren, "keajaiban" apalagi di tambah "dunia", keren abis. Candi ini adalah candi paling gedhe yang pernah aku kunjungi. Kalo kalian punya semangat prima pas baru nyampe borobudur, habis keliling2 borobudur sekali puteran dari tingkat paling bawah sampai yang paling atas, pasti capek... hehehe

Kalo dipikir-pikir, gimana ya orang jaman dulu, bisa bikin bangunan gedhe, kuat, dari batu berat, tanpa semen, lem atau perekat lainnya.

Coba bayangin, gimana caranya ngangkat batu buat stupa dari bawah?
Disunggi? Dipikul? Atau Digigit?
Keren kan...

Selain itu, yang bikin kuat adalah sistem kuncian yang di lantai dasar...
Siapa yang ngajarin mereka kayak gitu?
Sekali lagi, keren abis...
Sistem kuncian lantai...
Batu disusun kuat... (padahal dulu SMA g ngajari fisika....)

Selain itu, yang paling khas di Jogja adalah di setiap nama jalan, pasti ada aksara jawanya...
G pernah bosen bilang, keren...



Jika kalian ada waktu, datanglah ke Jogja, rasakan sensasinya.

0 komentar:

Posting Komentar